Rabu, 27 Mei 2015

Tips Mendapatkan Sponsor

Tips mendapatkan sponsor dilatar belakangi oleh bbrp aspek, ada yg dari diri kita sendiri, dan ada yang merupakan pengaruh dari luar

(1) selama target audience event anda sama dengan target audience calon sponsor, itu sudah awal yang baik

(2) kemudian, dari kaca mata calon sponsor, seberapa "hebat" nya sih event anda dimata mereka, dan bisa membantu mereka apa saja?

(3) tolong diingat posisi kita adalah assistance to their requirements.

(4) kemudian faktor macro, termasuk masalah daya beli, kondisi keuangan calon sponsor, posisi calon sponsor di pasar, adakah pesaing calon yang lain dlsb.

tanpa itu semua (masih banyak lagi) .... calon sponsor tidak ada semudah itu mengatakan YA kepada anda ... skrg bayangkan kalau anda di posisi mereka ...

jadi kalau mau "masuk dgn mulus", kenalilah calon sponsor anda sebaik2nya dahulu, termasuk semua kekuatan dan kelemahannya ...tanpa itu, kita tidak mampu "bicara dgn bahasa" mereka.

yup, talk with the same language, with the same need, with the same taste, with the requirement, and with the same way of thinking

kalau anda bisa spt itu, anda sdh memasukkan kaki anda ke dalam perusahaan mereka sebenarnya ... dan ...

ini kelemahan EO yg mengandalkan sponsor hanya dari proposal ..... saya tdk pernah mau kasih proposal terlebih dahulu ... saya selalu mengusahakan agar saya bisa bertemu dahulu.
presentasi presentasi presentasi presentasi ..... proposal hanya reminder

good presentation give you the chance to show something, to use your way of talk, to express your feeling, your consideration, your body language, your mimic, etc.

mrk selalu memperhitungkan setiap keping sen yang dikeluarkan ... apakah itu mendatangkan benefit atau tidak...

persuading is the system, presentation is the tool, proposal is the reminder...
tapi KNOWING THEM WELL (SWAT ANALYSIS) IS THE KEY...

itulah sebabnya di dalam perencanaan, ada bbrp revenue entrance ... prioritas adalah sponsor, lalu lainnya .... sponsor ini mesti dibagi-bagi .....

di cek dari budget component, mana yg kita perlu duitnya, mana yg kita perlukan barangnya ... Kadang2 enakan dapat barangnya daripada dapat duitnya.*

(*dari berbagai sumber)
copaste by www.AinuRofik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar