Selasa, 28 April 2015

Tips Jualan_Sebut Manfaatnya bukan Spesifikasinya

TIPS dan TRIK MENDORONG BUYER untuk JADI CLOSING  BELI

Ada yang susah closing? padahal calon buyer sudah tanya-tanya tapi ga jadi beli2?

Kalo begitu tips ini cocok untuk Anda. Jangan lewatkan.

INGAT! Jika kita ingin menjual produk lebih banyak, maka jangan menawarkan produk kita. lho ko?

Begini...

Mengapa ?

Karena konsumen tidak membeli produk.

Produk bukan alasan mengapa orang membeli.

Lalu apa yang mendorong konsumen membeli?

Konsumen tidak membayar kita untuk memiliki produk. Tapi membeli karena manfaat dan kebutuhan (value).

Berikut contohnya :

Kita tidak membeli tas branded.. Kita membeli gengsi, kepercayaan diri dan pada banyak kasus peluang untuk menarik perhatian lawan jenis :)

Kita tidak membeli lampu meja. Kita ingin membaca buku atau mengetik di malam hari.

Orang tidak peduli dengan produk yang kita tawarkan selama itu bisa menyelesaikan masalah mereka dan memenuhi harapan yang telah mereka tetapkan.

Singkatnya, orang membeli manfaat.

Kita sering menemukan fenomena hampir dibanyak deskripsi produk toko online yang hanya menyoroti fitur produk.

Jika seseorang ingin membeli baju karena ingin terlihat lebih cantik didepan pasangannya, mereka tidak peduli baju yang kita jual terbuat dari katun, paragon, sifffon, atau spandex.

Hasil akhir yang mereka inginkan adalah. ingin terlihat cantik. Jika bahan katun membuatnya lebih cantik daripada bahan siffon, mereka akan membeli baju berbahan katun, bukan siffon.

Jadi hanya dengan menawarkan bahan katun tidak akan menjual, sebab yang mereka ingin beli adalah tampil cantik. Karena Buyer tidak tahu tentang dunia kualitas kain.

Tapi bukankah semua orang bisa mengetahui sendiri manfaat dari fitur-fitur tersebut ?

Jangan karena kita tahu banyak tentang produk kita, bukan berarti semua orang juga tahu.

Tingkat pengetahuan setiap konsumen berbeda. Jauh lebih aman berasumsi konsumen nihil pengetahuan sama sekali tentang produk kita.

Bahkan jika manfaat sebuah fitur cukup populer di kalangan konsumen, menulis manfaat pada deskripsi produk dapat menyegarkan kembali ingatan mereka.

Lalu bagaimana cara mengubah deskripsi produk yang awalnya hanya menyoroti produk dengan segala fiturnya, menjadi fokus menjual manfaat Dan dengan sendirinya lebih memicu pengunjung membeli produk kita?

Sebuah fitur adalah fakta-fakta objektif sebuah produk. Misalnya berat, ukuran, warna, bentuk, kandungan, desain, konstruksi, dan spesifikasi lainnya. Secara harfiah, fitur adalah aspek fisik dari produk kita.

Sementara manfaat adalah hasil akhir yang diperoleh pembeli karena kehadiran fitur tersebut. Hasil akhir itu berupa hidup yang lebih baik dibanding sebelum mereka menggunakan produk kita.

Contoh produk :

Sweater

Fitur : 2 saku dibagian samping.

Manfaat : Melindungi kedua tangan pemakai dari hawa dingin

Sepatu kulit

Fitur : resleting samping

Manfaat : mudah memasukkan kaki kedalam sepatu

Contoh cara menulis deskripsi berbasis manfaat:

Katakanlah salah fitur T-Shirts kita yaitu terbuat dari bahan katun.

Dan biasanya, deskripsi produk T-Shirts pada kebanyakan toko online yang fokus pada fitur akan terlihat seperti ini :

T-Shirts XYZ terbuat dari bahan katun.

Deskripsi produk diatas sama sekali tidak punya kekuatan emosional yang memicu orang membeli. Karena itu kita akan menambahkan manfaat kedalamnya supaya lebih menjual,

Langkah pertama yang harus diambil adalah menanyakan pada diri sendiri, apa fungsi dari bahan katun pada T-Shirts?

Menyerap keringat,

Apa keuntungan “menyerap keringat” bagi pengguna T-Shirts?

Pengguna T-Shirts leluasa bergerak tanpa rasa gerah.

Selanjutnya kita tinggal menambahkan manfaat tersebut kedalam deskripsi produk. Dan hasil akhirnya kurang lebih terlihat seperti ini :

T-Shirts merek XYZ terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat. Anda bisa bebas bergerak dan tetap merasa sejuk selama memakainya, bahkan saat cuaca panas sekalipun.

Kita tinggal mengulangi proses diatas pada fitur-fitur lainnya seperti warna, desain, atau tekstur.

Kita tidak perlu memasukkan seluruh fitur kedalam deskripsi produk, cukup memilih 3 sampai 5 fitur unggulan saja namun pastikan menyorot manfaatnya lebih mendalam.

Menulis deskripsi yang memicu orang membeli itu mudah, bukan ?

Yuk mulai hari ini, sisihkan waktu 15 sampai 30 menit per-hari untuk merevisi deskripsi disetiap halaman produk kita.

Ini akan jadi investasi terbaik yang pernah kita lakukan Karena apa yang kita tambahkan kedalam deskripsi produk merupakan alasan utama orang membeli.

Saya sudah mulai melakukannya dan saya ingin teman-teman disini berjanji melakukannya, dimulai setelah kamu selesai membaca posting ini. JANJI!??

Materi ini bermanfaat?
jika iya silakan Share kan postingan ini ke time line mu, raih kemanfaatan. Tenang saja rezeki sudah ada yang mengatur jangan takut para pesaingmu akan lebih laris. INGAT Bisnis itu bukan untung rugi, bisnis itu memberikan kemanfaatan dan silaturahim.

yang Share postingan ini d doakan panjang umur dan OMSET nya naik 10 x lipat. Aamiin.

Berani?
copaste by www.AinuRofik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar